Plurk yok ngeplurk

29 Oct 2009

Plurk ituuuuuuuuu

Respon

Respon (response) adalah plurk berupa komentar yang dituliskan di plurk yang sudah ada. Plurk yang ramai dengan komentar berpeluang besar memberikan tambahan karma bagi pembuatnya. Melihat kecenderungannya, ID-Plurker umumnya membuat komentar jauh lebih banyak dari pada plurk baru. Apakah ini hal yang buruk? Bagi ID-Plurker justeru inilah bagian yang paling menyenangkan, paling membuat kecanduan, dan membuat mereka makin cinta sama Plurk.

Karma

Setiap pengguna akan mendapatkan nilai karma sesuai dengan tingkat aktivitas mereka. Nilai karma bisa naik turun, berdasarkan aturan dan algoritma karma yang sudah ditentukan. Tentunya seiring dengan perkembangan, aturan ini akan terus berubah. Umumnya semakin sering anda membuat plurk karma anda bertambah. Jika plurk anda dikomentari, peluang mendapat karma lebih besar. Jika anda sempat absen beberapa hari, bisa dipastikan karma anda akan turun.

Daftar Pengguna

Belum diketahui jumlah pengguna plurk Indonesia seluruhnya, tapi dipastikan akan semakin bertambah. Demikian juga diharapkan agar pengguna wiki ini terus bertamabah. Pengguna plurk Indonesia tidak diwajibkan untuk bergabung ke ID-Plurk dan wiki ini. Namun bagi yang berminat untuk berbagi bersama dipersilahkan membuat akun. Dalam membuat akun, nama pengguna di wiki ini tidak harus sama dengan nama pengguna yang digunakan di plurk, meskipun sangat disarankan agar menggunakan nama pengguna yang sama. Setiap pemilik akun akan mendapatkan halaman pengguna. Dengan demikian, kita bisa menuliskan pengalaman pribadi berkaitan dengan pengunaan plurk di halaman pengguna masing-masing.

Serba-serbi plurk

Perubahan dan status perkembangan Plurk itu sendiri bisa di pantau di blog Plurk. Pengguna Plurk rupanya “kurang puas” dengan informasi yang ada di Plurk dan mereka berinisiatif untuk membuat sejumlah alat bantu yang mungkin bermanfaat bagi pengguna lainnya. Beberapa di antaranya adalah:

  • Karma trends, menunjukkan statistik perubahan karma pengguna seiring waktu
  • Top plurkers, urutan pengguna berdasarkan jumlah karma, juga ada akses menuju daftar pengguna berdasarkan lokasi. misalnya Indonesia.
  • Plurktionary, situs komunitas berisi segala yang berhubungan Plurk, termasuk kamus (terminologi), tips dan trik, serta direktori Plurk
  • Plurkerati, situs dimana pengguna bisa mencari Plurk dan Plurk Response berdasarkan Keyword dan User. Situs ini juga menampilkan beberapa statistik menarik, seperti misalnya Rasio Male vs Female, User by Age, dll.

Bagi yang suka utak atik Plurk berikut ini ada beberapa tips baik menggunakan versi web maupun versi mobilenya. Plurk adalah suatu layanan microblogging yang memungkinkan penggunanya untuk menulis teks singkat (Maksimal 140 karakter) dan dapat juga mengomentari plurk pengguna lain.

  • Link ke username: @diikuti nama username. Contohnya @dmw hasilnya: dmw
  • Tulisan Tebal: ketik ** di depan dan belakang tulisan yang akan dibuat tebal. Contohnya **saya ingin bakso** hasilnya: **saya ingin bakso**
  • Tulisan miring/italic: ketik * di depan dan belakang tulisan yang akan dibuat italic. Contohnya *eh eh tulisannya kok miring* hasilnya: *eh eh tulisannya kok miring*
  • Garis bawah: ketik __ (dobel garis bawah/underscore) di depan dan belakang tulisan yang akan dibuat garis bawah. Contohnya: __sarung cap bebek duduk__ hasilnya: __sarung cap bebek duduk__
  • Membuat link ke suatu alamat situs: Masukkan link kemudian ikuti dengan deskripsinya dalam kurung. Contohnya: http://www.darmawan.co.nr (klik disini) hasilnya: klik disini
  • Alamat RSS plurk anda adalah http://www.plurk.com/user/username.xml. Ganti username dengan username plurk Anda
  • Untuk memasukkan video atau gambar bisa dengan langsung menuliskan alamat url video/gambar tersebut. Akan ada preview di posting plurk Anda.
  • Untuk mengupload foto langsung ke plurk bisa memakai: http://plurkpix.com. Maksimal ukuran adalah 4 mega.
  • Untuk mengirim private plurk ke user tertentu klik bagian Private plurks, languages & options (dibawah kotak utuk menulis plurk) kemudian pilih opsi paling bawah (Only :) . Masukkan nama teman atau clique yang akan dikirim pesan. Untuk membuat clique (daftar kelompok teman) bisa menggunakan menu My Friend. Sayangnya hanya bisa di versi web. Versi mobile belum ada fasilitas untuk membuat private. Hanya bisa untuk melihat dan menjawab private plurk. Sekarang versi mobile bisa untuk mengirim private plurk dengan mengklik More Option disamping tombol Plurk.
  • Saat mempergunakan versi mobile maka tidak ada pilihan menu smiley sehingga Anda harus menulis manual kode untuk menampilkan smiley. Kode smiley plurk akan saya tulis di posting berikutnya.

Yang ingin mencoba plurk bisa mendaftar melalui http://www.plurk.com. Untuk update dan komentar bisa melalui ponsel di http://www.plurk.com/m atau bisa update melalui Yahoo Messenger dengan http://ping.fm.

Taken from http://idplurk.wiki-site.com/index.php/Halaman_Utamaand http://darmawanku.com/2008/10/08/tips-nge-plurk/


TAGS cara ngeplurk


-

Author

Follow Me